PERUSAHAAN PT DJARUM
PT. Djarum
PT Djarum adalah salah satu perusahaan rokok di Indonesia.
Perusahaan ini mengolah dan menghasilkan jenis rokok kretek dan cerutu.Ada tiga
jenis rokok yang kita kenal selama ini. Rokok Cerutu (Terbuat dari daun
tembakau dan dibungkus dengan daun tembakau pula), rokok putih (Terbuat dari
daun tembakau dan dibungkus dengan kertas sigaret), dan rokok kretek (Terbuat
dari tembakau ditambah daun cengkeh dan dibungkus dengan kertas sigaret).
Rokok kretek adalah sebuah produk yang racikannya ditemukan oleh H.
Djamhari (Kebangsaan Indonesia) pada tahun 1880 di kota Kudus (Kudus kota
keretek). Saat itu H. Djamhari adalah seorang perokok dan ia sering merasa
sesak napas. Saat ia menderita sesak, ia menggunakan minyak cengkeh untuk
mengobati penyakitnya. Hingga suatu ketika ia mencoba meracik daun tembakau dan
bunga cengkeh untuk rokoknya.Alhasil percobaannya tersebut membuahkan hasil dan
rokok tersebut disebut kretek karena letupan api yang membakar cengkeh
menghasilkan bunyi tek-tek-tek. (Lintasan Sejarah dan Peranan Bagi Pembangunan
Bangsa dan Negara, oleh Ong Hok Ham & Amen Budiman).
Pada tahun 1905, rokok kretek diproduksi untuk dipasarkan. M.
Nitisemito adalah orang yang membangun perusahaan itu dan dinamakan Bal Tiga.
Terbukti pasar untuk produk ini sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan niatan
M. Nitisemito yang ingin membuat lantai kamarnya dengan uang golden. Hal ini
membuat pemerintahan (Saat itu jajahan Belanda) tersinggung, tapi dengan
diplomatis pemerintah mengungkapkan bahwa beliau dapat melanjutkan niatannya
asal posisi uang golden tersebut dalam posisi berdiri. Di sini ada dua pendapat
yang belum bisa di pastikan. Pendapat pertama rencana itu dilanjutkan dan
pendapat kedua M. Nitisemito tahu bahwa itu hanya penolakan halus pemerintah.
Perusahaan pertama dari luar negeri yang memproduksi rokok ini
adalah Nederland Indie Trade Bureau pada tahun 1908.
Tahun
berdiri
Djarum
sendiri adalah perusahaan yang berdiri pada saat Indonesia telah merdeka pada
tahun 1951 (tepatnya 21 April 1951). Pendiri Djarum adalah Oei Wie Gwan.
Lambang jarum yang digunakan oleh perusahaan ini adalah jarum grama phone. Pada
tahun 1983 Djarum menjadi perseroaan terbatas, PT Djarum.
·
Visi
dan Misi PT.Djarum
Visi : "Menjadi yang terbesar
dalam nilai penjualan dan profitabilitas di industri rokok Indonesia"
Misi : "PT.Djarum hadir untuk
memuaskan kebutuhan merokok para perokok"
·
KUNCI
KEBERHASILAN PT.DJARUM
Setiap perusahaan yang melakukan bisnis di bidang apapun itu,hal
utama yang menjadi tujuannya yaitu bagaimana perusahaan tersebut dapat berjalan
dengan baik dalam arti tercapainya keberhasilan yang baik. Untuk mencapai
tujuan itu, diperlukan suatu strategi manajemen yang sudah pasti dimiliki
setiap perusahaan. Dalam Era ini dan dari tahun ke tahun, dapat dirasakan intensitas
kompetesi bisnis berlangsung dengan cepat.Tanpa kesadaran akan faktor-faktor
atau nilai penentu keberhasilan (key success factors), maka suatu perusahaan
boleh jadi akan gagap mengelola dirinya, untuk kemudian terkapar mati ditelan
arus perubahan aman. Di Indonesia, industri yang boleh dikatakan hasilnya
dinikmati semua kalangan yaitu rokok. Meskipun industri ini, melahirkan
kontroversi di masyarakat namun juga memberikan sumbangan yang sangat besar
bagi APBN. dan bukan nilai yang sangat kecil, begitupula dengan lapangan kerja
yang telah diberikan industri ini.
Salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang sudah
melekat di hati masyarakat adalah PT.Djarum Indonesia. Perusahaan yang berdiri
21 April 1951 di Kota Wali Kudus, Semarang. Jawa Tengah.saat ini menjadi ikon
pembangkit semangat Bakti Bangsa pada seluruh masyarakat Indonesia dan sudah
barang tentu menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan lain dalam mencapai
keberhasilan, seperti yang dicapai oleh PT.Djarum. Keberhasilan apa yang diraih
PT. Djarum ?.Seperti yang telah saya jelaskan pada artikel saya sebelumnya
bahwa keberhasilan dan kemajuan perusahaan dinyatakan sukses jika dalam
pengelolaan atau penciptaan manajemen, lingkungan keselamatan, kesehatan kerja
berjalan dengan baik.
PT.Djarum
telah membuktikan hal tersebut dengan diraihnya beberapa penghargaan antara
lain. Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja tahun 2002 (Zero Accident
Acknowlegment), Audit Exterl Keselamatan Kerja tahun 2004 dengan hasil 87%.
Tahun 2005 berhasil mendapatkan Bendera Emas (Bendera Emas : Pemberian
penghargaan untuk perusahaan dalam pengelolaan lingkungan yang baik bagi
perusahaan dengan produksi bersih) dan Tahun 2007 mendapat hasil 93%.
Penghargaan lain Certificate of Compliance ISO 9001-1994 (Penghargaan tahun
2001) kemudian diperbaharui menjadi ISO 9001-2000.
Dengan
melihat prestasi tersebut diatas, muncul pertanyaan lagi bagaimana cara
PT.Djarum dapat memperoleh keberhasilan tersebut. Akhir tahun 2007, PT.Djarum
telah pembayar cukai pada pemerintah sebesar Rp.7,642 triliun,
Rp.25.475/hari,dengan jumlah karyawan 74.490.dengan manajemen yang terstruktur
memungkinkan perusahaan ini berkembang.
PT. Djarum memiliki, 5 nilai-nilai inti dalam pengembangan
perusahan. Nilai-nilai itu adalah:
1).Fokus pada pelanggan,
2).Profesionalisme,
3).Organisasi
yang terus belajar,
4). Satu Keluarga,
5). Tanggung Jawab Sosial.
Fokus pada pelanggan.Pelanggan merupakan bagian yang sangat penting
dalam keberlangsungan suatu perusahaan, tanpa ada pelanggan, tanpa ketertarikan
pelanggan terhadap produk yang telah diproduksi, perusahan akan mandet.
PT.Djarum selalu mengutamakan agar pelanggan selalu puas terhadap produknya,
dengan memberikan harga yang relatif rendah meskipun keuntungan yang dicapai
berkurang, hal ini diatasi dengan peningkatan hasil yang baik dan jumlah
penjualan, selain itu juga PT.Djarum memberikan dana kepada beberapa pelanggan
untuk memasarkan produknya sehingga tercipta hubungan yang sangat dekat.
Profesionalisme. Profesional dalam membangun perusahaan secara
baik, dimulai dengan perekrutan karyawan-karywati yang potensial (salah satu
elemen vitas bagi kegemilangan gerak sebuah perusahaan). Kemampuan perusahaan
untuk melakukan inovasi secara terus menerus. seiring tuntutan tersebut,
PT.Djarum selalu memberikan respon yang inovatif pada konsumen. Profesional
dalam mengimplementasikan strategi-strategi yang telah dirancang dengan penuh
optimis. Dengan profesionalisme tersebut semuanya dapat tercapai.
Organisasi yang terus belajar. Dengan keberhasilan yang diperoleh
berupa penghargaan-penghargaan dan produk-produk yang inovatif,PT.Djarum tidak
berpuas hati, dengan keberhasilan tersebut, selalu belajar keberhasilan itu.
Tidak hanya selalu menilai perusahaannya sendiri. Melakukan sharing dengan
perusahaan lain berbagi pengetahuan.
Satu keluarga.Rasa kekeluargaan sangat terasa di lingkungan
PT.Djarum, ini terlihat ketika pada waktu istirahat, terkadang para direksi
bergabung bersama karyawan,berbagi cerita, bercanda, ini menciptakan kesenangan
bagi para karyawan.Disinilah kekompakan dari segenap jajaran manajemen dan
karyawan. Mereka bersama-sama untuk memajukan perusahaan,dengan dukungan
organisasi yang solid,serta kerja keras dari semua karyawan.
Tanggung Jawab Sosial. Dalam hal tanggung jawab sosial, untuk
karyawan, PT.Djarum sangat memperhatikan karyawannya dengan memberikan jaminan
sosial berupa jaminan kesehatan,hadiah tahunan, tunjangan, jaminan
kecelakan,jaminan pensiun. PT.Djarum juga memberikan beasiswa pendidikan pada
anak-anak karyawan sehingga dapat melanjutkan pendidikannya dengan baik.
Tanggung Jawab Sosial yang diberikan PT.Djarum tidak hanya pada karyawannya
tetapi juga pada masyarakat umum.Untuk melaksanakan tanggung jawab ini
PT.Djarum melakukan Coorporate Social Responbility (CSR), yang sangat jelas
saat ini, yaitu : Djarum memberikan dananya 30 Milliar dalam pembangunan
lapangan bulutangkis, GOR PT.Djarum Bakti Bangsa, yang digunakan untuk merekrut
para pemain bulutangkis yang handal berkelas dunia. Dalam bidang lingkungan
PT.Djarum memberikan secara cuma-cuma pohon-pohon untuk penghijauan.Dengan ke
lima nilai pengembangan tersebut, membuat PT.Djarum semakin memantapkan
perjalanannya dalam industri rokok murni pribumi, tanpa tersentuh oleh
aset-aset asing. Semangat Nasionalismelah yang semakin membangkitkan perusahaan
ini.
·
Budaya
Perusahaan
Setiap perusahaan yang melakukan bisnis di bidang apapun itu,hal
utama yang menjadi tujuannya yaitu bagaimana perusahaan tersebut dapat berjalan
dengan baik dalam arti tercapainya keberhasilan yang baik. Untuk mencapai
tujuan itu, diperlukan suatu strategi manajemen yang sudah pasti dimiliki
setiap perusahaan. Dalam Era ini dan dari tahun ke tahun, dapat dirasakan
intensitas kompetesi bisnis berlangsung dengan cepat.
Tanpa kesadaran akan faktor-faktor atau nilai penentu keberhasilan
(key success factors), maka suatu perusahaan boleh jadi akan gagap mengelola
dirinya, untuk kemudian terkapar mati ditelan arus perubahan aman. Di
Indonesia, industri yang boleh dikatakan hasilnya dinikmati semua kalangan
yaitu rokok. Meskipun industri ini, melahirkan kontroversi di masyarakat namun
juga memberikan sumbangan yang sangat besar bagi APBN. dan bukan nilai yang
sangat kecil, begitupula dengan lapangan kerja yang telah diberikan industri
ini.
PT.Djarum telah membuktikan hal tersebut dengan diraihnya beberapa
penghargaan antara lain. Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja tahun 2002
(Zero Accident Acknowlegment), Audit Exterl Keselamatan Kerja tahun 2004 dengan
hasil 87%. Tahun 2005 berhasil mendapatkan Bendera Emas (Bendera Emas :
Pemberian penghargaan untuk perusahaan dalam pengelolaan lingkungan yang baik
bagi perusahaan dengan produksi bersih) dan Tahun 2007 mendapat hasil 93%.
Penghargaan lain Certificate of Compliance ISO 9001-1994 (Penghargaan tahun
2001) kemudian diperbaharui menjadi ISO 9001-2000.
Dengan melihat prestasi tersebut diatas, muncul pertanyaan lagi
bagaimana cara PT.Djarum dapat memperoleh keberhasilan tersebut. Akhir tahun
2007, PT.Djarum telah pembayar cukai pada pemerintah sebesar Rp.7,642 triliun,
Rp.25.475/hari,dengan jumlah karyawan 74.490.dengan manajemen yang terstruktur
memungkinkan perusahaan ini berkembang. PT. Djarum memiliki, 5 nilai-nilai inti
dalam pengembangan perusahan.
Strategi
Bisnis
PT.
Djarum mengeluarkan beberapa produk diantaranya Djarum Super, Djarum Coklat,
Djarum 76, Djarum Istimewa. Kesemuanya merupakan rokok berjenis kretek. Akan
tetapi djrum melihat pangsa pasar ini stagnan sehingga PT.Djarum merambah pasar
rokok mild, diantaranya adalah L.A Light, L.A Menthol, Djarum Super Mezzo,
Djarum Black dan Djarum Black Menthol. Selain itu Djarum mengembangkan cita
rasa yang lebih varian dengan mengkombinasikan cita rasa cappucino, dan Teh
yang dikenal dengan nama Brand Djarum Black Tea dan Djarum Black cappuccino.
Produk
dalam kategori rokok mild diluncurkan oleh PT Djarum di akhir tahun 2005,
perusahaan ini meluncurkan rokok mild dengan merek Djarum Super Mezzo untuk
melengkapi portofolio produk Djarum Super dan merambah segmen premium serta
menjadi alternatif pilihan rokok mild baru dengan cita rasa tinggi. Khusus
untuk peluncuran PT Djarum membuat program promosi modern dengan menggunakan balon
mini zeppelin yang berputar-putar disekitar wilayah Jakarta selama 3 minggu.
Program tersebut juga diiringi dengan iklan televisi yang menampilkan visual
yang luar biasa, iklan televisi Mezzo versi “leap” dan “race”.
PT
Djarum menggunakan pendekatan strategi yang berbeda dalam membangun merek
Djarum Super Mezzo, yaitu dengan menambahkan kata “Djarum Super” dalam merek
rokok mild tersebut, merek Djarum Super yang sudah memiliki awareness yang
tinggi dan brand image yang kuat di tengah konsumen diharapkan mampu mengangkat
penjualan produk mild yang baru ini masuk ke pasar rokok mild.
Kenyataannya,
hasil dari sebuah penelitian adalah top of mind merek rokok mild masih
didominasi oleh Sampoerna A Mild (79,5%), diikuti oleh Star Mild (12,1%).
Djarum Super Mezzo berada di peringkat ketiga (4,2%). Untuk merek kedua yang
diingat setelah merek pertama yang terlintas atau unaided awareness dikuasai
oleh Star Mild (39,5%), Sampoerna A Mild (18,4%) dan Djarum Super Mezzo
(14,7%).
Djarum
Super Mezzo dan Star Mild memiliki karakteristik akan personality dan
association yang mirip. Djarum Super Mezzo dipersepsikan memiliki sifat yang
santai dan easy going, berpenampilan menarik, dan penuh percaya diri, namun
merek ini juga memiliki posisi yang sama dengan Star Mild yang dekat dengan
atribut menikmati kehidupan malam, menyukai petualangan dan maskulin.
Pengertian
Fungsional dan divisional
1.
Struktur Organisasi Fungsional
Struktur organisasi fungsional
terdiri dari Bagian Pemasaran, Bagian Produksi, Bagian Personalia
dan Bagian Pembelanjaan serta
Bagian Umum. Pada
struktur organisasi fungsional apabila
ada seseorang yang
diserahi tugas untuk
mengelola suatu proyek biasanya orang tersebut sudah terlanjur setia
pada bagian mana dia dahulu bekerja.
Oleh karena itu
seyogyanya offing tersebut
tidak memanfaatkan menarik seluruh
orang-orang dari bagiannya dahulu, tetapi sebaiknya juga menarik orang-orang
pada bagian lain yang mampu sehingga pengalaman dan pengetahuan dapat dinikmati
bersama
2.
Struktur Organisasi Divisional
Banyak perusahaan besar, dengan
banyak jenis produk, diorganisasikan menurut struktur organisasi divisional.
Bila departementalisasi perusahaan menjadi terlalu komplek dan tidak praktis
bagi struktur fungsional, manajer perlu membentuk divisi-divisi semi otonomi,
dimana setiap divisi merancang, memproduksi dan memasarkan produknya sendirinya
Organisasi divisional dapat mengikuti pembagian divisi-divisi atas dasar
produk, wilayah (geografis), langganan,dan proses atau peralatan. Lebih
jelasnya sebagai berikut:
Struktur organisasi divisional atas
dasar produk. Setiap departemen bertanggung jawab atas suatu produk atau
sekumpulan produk yang berhubungan (garis produk). Divisionalisasi produk
adalah pola logik yang dapat diikuti bila jenis-jenis produk mempunyai
teknologi pemrosesan dan metoda-metoda pemasaran yang sangat berbeda satu
dengan yang lain dalam
halo saya anya bennett, seorang penulis keuangan. saya menulis di beberapa topik terkait keuangan seperti utang, pinjaman, asuransi, investasi dan sebagainya. saya menemukan blog Anda saat berselancar di internet untuk menemukan blog yang cocok untuk menulis artikel. itu sangat banyak akal dengan konten yang kaya dan bagus dan memiliki presentasi yang jelas. saya harus menghargai kerja keras Anda dan berharap Anda beruntung. saya bertanya-tanya apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan keuangan Anda? saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi mr pedro jerome (pedroloanss@gmail.com) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk bantuan keuangan jadi saya sangat yakin bahwa mr pedro dapat membantu di tingkat 2. layanan pinjaman kepada siapa pun di sini mencari pinjaman. terima kasih sekali lagi telah mengizinkan saya untuk menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberikan Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca Anda. jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat menyesalinya sebelumnya. salam hormat saya, anya bennett.
BalasHapus